Piemonte Calcio Career Mode CJM : From Hated to be Loved





Tak terasa, setelah tujuh bulan Career Mode Piemonte Calcio dari CJM berjalan telah berakhir. Banyak kenangan yang teringat dai sebuah Career Mode yang tayang rutin di channel Youtube. Sebagai salah satu penonton yang setia mengikuti Series ini, banyak hal yang saya dapat dan pelajari.

Hilangnya lisensi Juventus dari game sepak bola FIFA 20 menjadi sebuah kejutan besar pada 2019 lalu. Ini merupakan pertama kalinya EA Sport kehilangan lisensi tim juara Serie A salama 25 tahun lamanya. Hal ini tak lepas dari kontrak eksklusif antara Juventus dengan Konami, Publisher game sepak bola lainnya, PES 2020.

Sontak, ini menjadi perbincangan yang ramai dibahas, terutama para user FIFA yang sudah terbiasa dengan tim dan liga berlisensi. Piemonte Calcio, nama generic dari EA Sport untuk mengantikan nama dan posisiJuventus. Nama Piemonte jadi bahan bercandaan di dunia maya, hingga hal-hal seputar Juventus selalu saja muncul komen “Piemonte Calcio”.

Namun, dengan kekurangan itu, sebuah channel Youtube FIFA Career Mode terbesar di Indonesia, CJM malah mengunakan tim ini untuk mengawali Career Mode di FIFA 2020. Banyak komentar negatif dan komentar kaget tentang hal ini. Bayangkan, awalnya, semua orang menertawakan tim satu ini. Dengan usaha keras dan konsistensi, CJM mampu mengubah hal yang dibenci pada FIFA 20 menjadi hal yang dikenang dan dicintai para viewersnya. Apa saja itu?


1. Konsep


CJM dikenal sebagai Content Creator Youtube yang memiliki konsep yang berbeda dengan Youtube Gamer FIFA atau PES lainnya di Indonesia. Bila kebanyakan hanya sekedar transfer pemain mahal, main pertandingan dan juara, CJM menawarkan hal berbeda. Dengan kondisi kekurangan yang ada di Piemonte Calcio dan Career Mode FIFA, ia membawakan sebuah konsep yang berbeda. Ia membuat storyline sendiri tentang Piemonte ini sendiri. Membuatnya seolah seperti kehilangan lisensi dan disanksi oleh FIGC (Federasi Sepak Bola Italia). Selain itu, hingga membuatnya pindah ke daerah pegunungan Piedmont (ini daerah asli yang ada di Italia). Selain itu, ia mengeluarkan 10 pemain utama dari tim Juventus sebelumnya hingga tersisa sedikit pemain.


Ini hal yang out of the box. Membangun cerita dan universe sendiri dengan segala kondisi yang ada termasuk sulit untuk dilakukan. Namun, CJM mampu membangun hal itu dan menciptakan hype positif. Dari banyak yang awalnya tidak setuju menjadi berbalik mendukung. Sebuah kreatifitas yang dieksekusi dengan apik dan feedback positif menjadikan Career mode ini spesial dan salah satu yang terbaik.  

2. Konsistensi

Youtube dikenal sebagai portal media video yang memiliki persaingan yang ketat. Konsistensi menjadi kunci dalam menghadapi persaingan ini. CJM dengan luar biasanya mampu membuat series konten yang termasuk rutin di upload, walaupun tidak setiap hari.

Di Channel CJM ini, tidak hanya memiliki series Career Mode Piemonte Calcio, ada PES Master League dengan tim Inter Milan hingga timnas Italia. Belum lagi konten pembahasan sepak bola yang seringkali dibahas dengan konsep seperti berita. Sebagai channel yang hanya dikelola satu orang ini, sulit untuk men-juggling konten secara bergantian dengan hasil yang maksimal. Bukti bagaimana maksimalnya juggling konten ini bisa dilihat dari komentar yang uniknya tak dari satu kubu saja. 

Maklum, game FIFA dan PES ini terkadang memisahkan dan membentuk kubu-kubuan.
Namun di kolom komentar CJM, ada user FIFA dan user PES yang saling memberi feedback dan tidak ada komen yang menyulut perselisihan (walaupun kadang ada yang toxic dan syukurnya komen itu sudah cepat hilangnya)

Apalagi, CJM terkena badai hack di bulan Desember 2019 yang membuat Channel ini berhenti sejenak. Hebatnya, Calvin Makaminang sebagai orang dibalik CJM ini langsung pindah dan tetap berkarya di channel pribadinya dan menjadi shelter pengungsian. Hal ini tidak mengoyangkan untuk konsisten upload dan kontennya tetap dapat dinikmati ribuan orang.

3. Interaksi

Ini yang bagi saya berbeda dengan Channel Youtube game sepak bola yang lain di Indonesia. CJM berhasil merangkul pada viewers dan subscribernya. Konten yang biasanya akan berakhir ketika video itu telah ditayangkan, di CJM berbeda. Membuat para penontonnya menjadi asisten pelatihnya bersama dalam menjalankan Piemonte Calcio ini . Tiap videonya, banyak sekali komentar tentang bagaimana formasi yang dikenakan saat pertandingan nanti dan penilaian tentang pertandingan sebelumnya.

Apalagi ketika bursa transfer, penonton dilibatkan banyak dalam menentukan siapa pemain yang akan didatangkan. Hal seperti ini merupakan hal demokratis yang sangat didambakan oleth tim sepak bola di dunia. Ketika antara manajemen, pelatih dan supporter saling bersinergi dan berpikir untuk menentukan langkah strategis tim kesayanganya. Mungkin saat ini, hal ini masih belum dapat kita rasakan di tim sepak bola di dunia nyata, namun di CJM kita bisa merasakan itu.


Belum lagi interaksi antara Bang Calvin bersama komunitasnya, CJM Community. Saling berbagi pendapat dan karya yang mampu membuat hype pada Career Mode ini terus ada diatas. Banyak artwork dari para subscriber youtube CJM yang digunakan dalam postingan CJM hingga video career mode. Salah satunya hasil redesign logo Piemonte Calcio garapan saya digunakan dalam career mode ini. Bangga dan senang rasanya dapat membantu dalam sebuah karya yang awalnya dibenci dengan segala kondisi kekurangannya yang dijadikan salah satu Career Mode yang dicintai. Forza Piemonte.



Komentar

Postingan Populer